Program dan Kegiatan Siswa

Program-Program Ekstrakurikuler

  1. Pramuka
  2. Sempoa
  3. Renang
  4. Klub Sepak Bola
  5. Olah raga Prestasi
  6. Bola Basket
  7. Bola Volley
  8. Tenis Meja
  9. Bahasa Arab
  10. Bahasa Inggris
  11. Seni Lukis dan Kaligrafi
  12. Pencak Silat
  13. Bulu tangkis

Program-program Khusus

  • Tartilil Qur’an
  • Tahsinil Qur’an
  • Tahfidzil Qur’an

Program-program Unggulan

  • Full Days School
  • Komputer

Media Kreatifitas Siswa

  • Buletin Al Firdaus
  • Mading Al Firdaus
  • Tadabbur Alam / Sekolah Alam
  • Reporter / Wartawan Cilik
Iklan

45 thoughts on “Program dan Kegiatan Siswa

  1. alif

    assalamu ‘alaikum sekolahku

    namaku alif azzaki, kelas 3b. aku senang nge-net di rumah sama adikku (aini savitri kelas 2a), ibuku & bapakku. aku senang sekali karena sekolahku akhirnya punya schoolweb sendiri. aku punya usul:
    1. tentang schoolweb ini ke depannya kalau bisa menyajikan informasi & photo kegiatan serta prestasi siswa, guru dan sekolah.di samping itu perlu juga informasi nilai siswa & kalender pendidikan, jadi kita semua bisa tahu kapan masuk, kapan libur, kapan rapotan, kapan kenaikan kelas dll, dsb, dst, lsp, etc.
    2. tentang sekolah aku usul bagaimana kalau lapangan pasir untuk lompat jauh di sekolah dibuat kolam ikan. jadi kita bisa praktek memelihara hewan air seperti kura-kura, ikan lele dll.
    aku mengajak teman-teman memanfaatkan schoolweb kita ini sebagai sumber belajar alternatif. hari gini nggak kenal internet………&!
    majulah sekolahku.
    salam hormat buat Bu Ety & sahabatku (arifin, rafi, asti, hasna, hanun, hafidh, bria, hanifa, hanif, anissa adien, intan, andara, kiko, afa, faisal, rahma, zulfa, arkan, bintang, afga, yoga, dll maaf ya karena aku tidak bisa menyebutkannya satu persatu.
    selamat belajar ya….
    wassalamu ‘alaikum wr. wb.

    Balas
    1. SDI Al Firdaus

      Subhanallah. Terima kasih atas usulmu yang baguuuus sekali. sungguh luar biasa !
      Untuk usul tentang kolam ikan boleh saja dan sangat bagus ! Namun lokasinya tidak di kolam pasir karena kolam itu untuk sarana olahraga lompat jauh. Bagaiman olahraga lompat jauhnya kalau ada kolam ikan disana ? Ikan-ikan dan kura-kuranya bisa mati atau kalau mas Alif sedang olah raga lompat jauh, bisa digigit ikan dan kura-kura ..he..he..
      Salam untuk orang tua dan adik yaa ..

      Balas
    2. admin Penulis Tulisan

      Bu Kasiyati says :
      okkeeee bu kasiiyati s7 bak lompat jauh dii ganti kolam renang
      memang selama ini belum bu guru fungsii kan intuk pelajaran ateletik kusus nya lompat jauh karena pasiir nya sangat kasar,banyak batu yg tajam” bu guru takut nanti berbahaya kalo anak” praktek lompat jauh
      iinsya’aalah pasiir mbesok bu guru usul biiar dii gantii pasiir pantaii yang lembut halus supaya enak dii pakai kalau sepertii itu kondiisiinya bak pasiir nya bu guru pasti pakai untuk praktek trus jadi ,rencana mas aliif , untuk bikin kolam iikan PENDING dulu ya nanti bu guru biikiin kan kolam yg besar dii belakang rumaah bu guru hahahah okeeee

      Balas
  2. alif

    assalamu ‘alaikum sekolahku
    begini kok kelas 3, 2, & 1 belum di bagi lembaran kertas extrakulikuler & kok buku sbk & bahasa inggris kelas 3b belum di bagi
    wassalamu ‘alakum wr. wb.

    Balas
    1. SDI Al Firdaus

      Assalamu’alaikum, Mas Alif. Maaf terlambat membalas karena ada problem internet di rumah dan sekolah.

      Untuk buku SBK bukankah sudah ada dari BOS ? Buku itu hanya dibagi saat ada jam pelajarannya saja. Tentang buku LKS Bahasa Inggris, saat ini belum datang. Mohon maaf untuk hal ini. Kami sebagai administatur web SDIAF belum jelas betul tentang buku LKS. Hal ini bisa ditanyakan langsung ke wali kelas.

      Tentang ekstrakurikuler, bukankah sudah dimulai ? Sebenarnya buku dari BOS yang dipakai di sekolah itu ada 2 yaitu PAI dan SBK untuk kelas 1 s/d 6. Demikian infonya. Semoga sudah jelas.

      Balas
  3. Alif Azzaki

    Petunjuk Bagi Orangtua)*
    Anak itu seperti gelas. Bila diisi setengah, orang akan mengatakan bahwa gelas itu tidak penuh dan airnya kurang. Bila diisi sepenuh-penuhnya orang akan bilang bahwa gelas luber dan airnya tumpah ke mana-mana.
    Jadi perlakukanlah anak sesuai porsi. Bila terlalu banyak tuntutan dia akan putus asa. Terlalu banyak kegagalan yang dibuat sehingga terlalu banyak kritik yang datang. Tetapi bila tidak ada tantangan sama sekali, ia tidak akan terpacu untuk berprestasi. Hasil yang dicapai terlalu jauh di bawah potensi. Tidak ada kepuasan. Dan ia akan cepat tersinggung bila ada orang meremehkannya.
    Menghafal adalah bagian dari proses pertumbuhan jaringan otak selain belajar dan berpikir. Karena itu menghafal harus dijadikan sebuah tantangan yang menarik. Jangan terlalu berat, tetapi juga tidak terlalu remeh.
    Surat-surat Al-Quran yang bisa dihafal ayat per ayat adalah porsi tantangan yang tepat bagi tiap anak muslim. Tambahlah referensi batin anak dengan bahan yang baik. Bukankah menurut Pablo Picasso tingkat kreativitas anak amat ditentukan banyak sedikitnya referensi batin yang ia miliki?
    Berikut ini adalah beberapa petunjuk sederhana bagi Anda saat mendampingi putra-putri tercinta menghafal Al-Quran:
    1. Pilih waktu ketika anak dalam keadaan rileks dan tenang.
    2. Tidak perlu memaksakan hasil tetapi bila perlu berikanlah hadiah kecil bila anak berhasil.
    3. Terangkan makna ayat dengan sedikit bercerita. Anda dapat mengolah gambar-gambar yang ada menjadi cerita yang menarik.
    4. Adakan semacam kuis hafalan di saat-saat santai dan luang.
    5. Yang terpenting dari semuanya adalah apakah Anda juga turut menghafal atau tidak? Sebab bila tidak, Anda malah mengabaikan satu hal utama dalam mendidik, yaitu keteladanan.

    )* Sumber: buku Hafalan Surat-surat Pendek Al-Quran Bergambar untuk Anak-anak. Ditulis kembali dan dikreasikan oleh Alif Azzaki (kelas 3b, email: alifazzaki@gmail.com) dan Aini Savitri (kelas 2a, email: ainisavitri@gmail.com).
    Thanks for reading this article.

    Balas
    1. SDI Al Firdaus

      Wa’alaikumussalam, mas Alif
      1. Terima kasih artikelnya ya…apa mas ketik sendiri? Kalo iya…wah…bagus sekali. Terus berkarya yah ..
      2. Jika suasana kelas kondusif, insya Allah apa yang disampaikan oleh guru akan mudah diterima oleh murid. KBM akan sukses jika antara murid dan guru saling kerjasama..saat gunu menerangkan murid perhatikan, saat murid bertanya guru siap mendengar dan menjawabnya. Setiap guru punya kapasitas dan skill yang berbeda pula. Mari sama-sama belajar…saling memahami sifat dan mengerti , insya Allah terjalin hubungan baik antara guru dan murid..begitu ya..berlomba-lomba dalam kebaikan.

      Balas
    2. Alif Azzaki

      Terima kasih Bu. Benar Bu, artikel berjudul Petunjuk Bagi Orangtua itu yg ngetik Alif & adik. Sebenarnya ibu yg suka isi artikel tersebut. Kata ibu bagus lho isinya. Tapi maaf baru belajar mungkin ada yg salah ketik. Bolehkan Bu, Alif & adik sering kirim artikel di webschool ini? Terima kasih Bu.

      Balas
  4. usi

    ass
    saya senang scol di al firdaus dgn harapan saya menjadi anak yg pandai yg berguna bagi sesama ….
    mempunyai aklaq dan bebudi pekerti yg baik..
    kalu blh mempunyai harapan besok waktu pondok romadhon malam terakhirnya di adakan sepiritual rohani
    buwat guru2 ku selamat menjalankan ibadah semoga bisa menjalankan amanah yg lebih baik
    wasalam..

    Balas
    1. SDI Al Firdaus

      Wa’alaikumussalam,
      Thanks ya mba Usi…atas comment di web ini. Ya insya Allah besok pas pondok ramadhan 1431 H akan ada renungan malam itu sudah pasti dong…agar anak-anak lebih sayang kepada ortunya juga gurunya gitu..kan guru itu sama juga ortu murid saat di schoolnya…… ?!
      Wassalam.

      Balas
    2. Alif Azzaki

      Salam kenal ya Mbak Usi. Ini Alif kelas 3b. Kalau boleh tahu Mbak Usi sudah lulus atau masih sekolah di SDIAF? Alif setuju dengan Mbak Usi, semoga SDIAF makin maju dengan adanya webschool. Amin ya robbal ‘alamin.

      Balas
  5. Damayanti

    Assalamu’alaikum, Bu Kasiyati. Saya ibunya Alif. Boleh ikut bergabung ?
    Saya senang melihat Bu Kasiyati mengajar olah raga anak-anak saya. Sangat bersemangat 45 begitu..
    Saya yang baru melihat saja seperti sudah terkena aura-nya… ehh, jadi ikut bersemangat ..
    Bu, bagaimana kalau di lain waktu anak-anak diajari main kasti, karena Alif bertanya ” Apa tho main kasti itu ?” Soalnya saya jadi ingat jaman saya waktu di SD dulu, suka main kasti. Wah, heboh deh… Ini cuma usul lho, Bu .. Terima kasih

    Balas
  6. kasiyati

    Terima kasih. Segala puji bagi Allah Swt.
    Baiklah, Saya akan mengulas sedikit masalah. Kasti adalah satu permainan bola kecil, dengan bentuk lapangan persegi 4. Panjang lapangan 15M. Ada dua tiang hinggap. Cara bermain terdiri dari dua regu, regu pemukul dan regu penjaga. Regu pemukul berhak memukul 3X, lalu terjadi pergantian permain. Apabila si pemukul terkena lemparan bola penjaga sebelum sampai ke tiang hinggap atau masuk ke daerah bebas. KBM kasti untuk kelas 3 ada di semester dua. Kelas 2 dan Kelas 3 semester 1 memperdalam lempar dan tangkap bola. Dalam waktu dekat ini, kelas 3 sudah akan belajar permainan bola kecil kasti, keepers, rounders dan baseball.

    Balas
  7. kasiyati

    Ya Salam kenal kembali untuk Dik Alif.
    Mbak Usi masih di kelas 6 SD kita. Minta tambah doanya ya ? Biar mbak Usi lancar belajarnya dan mudah memahami soal-soal. Dan tentunya mendapat nilai yg bagussssssss amin,,

    Balas
  8. kasiyati

    Ananda Alif, Bu Guru sangat berterimakasih karena mas Alif sudah menulis artikel yg sangat bagus dan menarik untuk dipraktekkan, baik di lingkungan sekolah, di rumah atau di mana saja. Pertahankan di dalam kecerdasanmu. Kalau perlu, olah logikamu untuk kebaikan sesama, terutama untuk dirimu sendiri. Bu Guru tunggu artikel berikutnya. Bu Guru siap menerima koreksi bila ada kekurangan saat menyampaikan pelajaran.

    Balas
  9. Alif Azzaki

    ASSALAMU ‘ALAIKUM WB. WB.

    MOHON MAAF LAHIR BATIN SEBESAR-BESARNYA UNTUK GURUKU BU ETY & TEMAN-TEMANKU DI SEKOLA

    WASSALAMU ‘ALAIKUM WR. WB.

    Balas
  10. Alif Azzaki

    Assalamu ‘alaikum wr. wb.

    ye ye bentar lagi masuk sekolah…………………………………………………………..

    Wassalamu ‘alaikum wr. wb.

    Balas
    1. saebani

      Satu tambah satu sama dengan dua, tanpa prasyarat jangan lebih ..
      Sekali air mengalir, tinggalkan mata air harus sampai ke tengah lautan.
      Angin bertiup halilintar menggelegar tambahnya eratnya tujuan.

      Balas
  11. supriyanti

    Assalamu’alaikum, ini namaku Alya Fauzan Rudiyanti, putra dari bu Supriyanti.
    Salam kenal untuk de Alief, salut dech dengan semua tulisan/artikelmu…pertahankan yach. oya mas duduk di kelas 6 lho, minta tambah doa ya, semoga Allah memberi kemudahan padaku, dalam memahami soal-soal UASBN & UAS nanti dan bisa mengerjakannya dengan lancar / benar, dan semoga nilai UASBN dan UASku nanti baguuuuuuus gitu, semoga Allah SWT mengabulkan doaku ya deek…
    Maafin daku ya…hari pertama masuk sekolah tidak bisa masuk nich…lagi sakit cacar air, kata dokter harus istirahat dulu, kan nular…hi hi hi…3 hari nanti aku ijin tidak masuk..salam untuk teman-teman..
    Oya sampai lupa…peerku banyak betuuuul…biar sakit aku tetep mengerjakan peer..biar sibuk bersilaturahmi aku juga sempat mengerjakan peer..namun sering aku main game…jika sudah cape belajar..
    Mohon Maaf Lahir Batin Bapak dan Ibu guru…semoga Allah mengampuni semua dosa-dosa kita semua, amin…dan semoga aku cepat sembuuuuh….Ya Allah..Wassalamu’alaikum.

    Balas
  12. kasiyati

    Assalamu’alaikum.
    Untuk siswa siswi SD Islam Al Firdaus, doa dan besar harapan ibu, semoga dalam menjalani tes mid semester sukses semuanya. Diberikan kepahaman soal, diberi kemudahan dan kelancaran. AMIN.
    Wassalam

    Balas
  13. Alif Arema

    Tidak semua orang memproses informasi dengan cara yang sama, termasuk anak
    Anda. Untuk itu sangat penting mengetahui bagaimana gaya bekerja otak yang diterjemahkan ke dalam gaya belajar yang berbeda-beda pula.

    “Sangat penting mengetahui bagaimana gaya belajar anak-anak karena gaya belajar sangat memengaruhi perkembangannya kelak,” kata Direktur Talent Spectrum, DIC Fingerprint Analysis, Adrian Benny Hidayat dalam seminar ‘Gaya Belajar Anak Melalui Sidik Jari’ di Auditorium Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, Jakarta, Sabtu, 6 Maret 2010.

    Model gaya belajar ada tiga. Pertama yaitu visual, yang lebih cenderung belajar dengan menggunakan indera pengllihatan. Mereka lebih mudah menyerap informasi secara visual baik data teks seperti tulisan, huruf, dan data gambar seperti foto atau diagram.

    Selain itu ada auditory yang menggunakan indera pendengaran. Anak-anak lebih cepat menyerap data berupa bahasa atau nada. Terakhir, model belajar kinestetik. Mereka lebih cenderung belajar dengan gerakan dan sentuhan.

    Setiap gaya belajar ini tentu menuntut penanganan berbeda agar mendapat hasil yang optimal. Berikut cara mengenali tipe belajar buah hati Anda:

    Ciri-ciri gaya belajar tipe visual:
    Lebih mudah mengingat dengan melihat
    Lebih suka membaca
    Lebih mudah menangkap pelajaran lewat materi bergambar
    Memiliki kepekaan kuat terhadap warna
    Tertarik pada seni lukis, pahat, dan gambar, daripada musik
    Mudah menghafal tempat dan lokasi

    Ciri-ciri gaya belajar auditory:
    Mudah ingat dari apa yang didengar atau dibicarakan dengan teman-teman atau lingkungannya
    Senang dibacakan atau mendengar cerita dibanding membaca cerita sendiri
    Suka menuliskan kembali sesuatu
    Senang membaca dengan suara keras
    Pandai bercerita
    Bisa mengulangi apa yang didengarnya, baik nada atau irama
    Lebih suka humor lisan dibandingkan humor tulisan
    Senang diskusi, bicara, bertanya, atau menjelaskan sesuatu dengan panjang
    Mudah mempelajari bahasa asing

    Ciri-ciri gaya belajar kinestetik:
    Gemar menyentuh segala sesuatu yang dijumpainya
    Suka mengerjakan sesuatu yang memungkinkan tangannya sangat aktif
    Suka menggunakan objek nyata sebagai alat bantu belajar
    Banyak melakukan gerakan fisik
    Ketika membaca, ia menunjuk kata-kata dalam bacaan dengan jari tangannya
    Lebih suka mendemonstrasikan sesuatu dengan peragaan atau gerakan daripada menjelaskan

    Sumber: http://www.vivanews.com

    Balas
  14. Alif Azzaki

    gajah elephant
    sapi cow
    ikan fish
    singa lion
    kadal lizard
    macan panther
    kura-kura turtle
    hiu shark
    lumba 2x dolpin
    buaya crocodile
    kepiting crab
    beruang bear
    kuda horse
    lebah bee
    rusa deer
    katak frog
    ular snake
    kera monkey
    capung dragonfly
    kupu 2x butterfly
    tikus mouse
    belut eel
    hamster hamster
    gurita octopus
    burung bird
    owa gibbons
    ayam chiken
    kelinci rabbit
    kucing cat

    Balas
  15. Alif Azzaki

    Mengungkap Tafsir Mimpi
    Mitos menyebut mimpi sebagai sebuah firasat atas kehidupan di masa datang.
    RABU, 7 JULI 2010, 18:13 WIB Pipiet Tri Noorastuti, Lutfi Dwi Puji Astuti

    Wanita Mimpi (doc. Corbis)
    BERITA TERKAIT
    Bahaya Tidur Berlebih
    Tiga ‘Pencuri’ Waktu Tidur
    Efek Buruk Terlalu Banyak Tidur
    Saatnya Tidur Lebih Nyenyak
    Awas, Kurang Tidur Bisa Mengancam Nyawa
    VIVAnews – Hampir semua orang pasti pernah mengalami mimpi. Bahkan, bunga tidur itu seringkali terjadi berulang dan tampak begitu nyata.

    Banyak orang kemudian terdorong memburu tafsir mimpi. Mereka terpengaruh dengan mitos yang menyebut mimpi sebagai sebuah firasat atas kehidupan di masa datang.

    Seperti dikutip dari laman Idiva, beberapa ahli mencoba menafsirkan mimpi yang sering muncul berulang.

    Sensasi jatuh
    Menurut teori Freud, mimpi jatuh menunjukkan bahwa Anda menyerah pada dorongan seksual. Mimpi-mimpi ini biasanya terjadi selama tahap pertama tidur dan sering disertai dengan kejang otot lengan, kaki atau seluruh tubuh. Mimpi jatuh juga simbolis perubahan tertentu yang sedang Anda coba hindari.

    Terbang
    Mimpi mengambang di angkasa menunjukkan bahwa Anda mampu mengatasi situasi-situasi tertentu tanpa dipengaruhi atau menyebabkan kerusakan pada diri sendiri. Itu semua dalam pikiran Anda. Hidup seperti kurva belajar.

    Telanjang
    Apakah Anda memiliki perasaan bersalah? Mimpi telanjang di tempat umum adalah simbol bahwa Anda mungkin ingin membersihkan rasa bersalah. Tetapi, pada saat yang sama takut bahwa orang akan tahu tentang kesalahan Anda yang Anda.

    Gigi
    Mimpi kehilangan gigi atau kemampuan untuk berbicara sangat umum dan merupakan indikasi yang sangat penting terkait emosi. Kehilangan gigi menunjukkan bahwa Anda tidak nyaman secara emosional. Mungkin ada hal yang dapat menyebabkan ledakan emosi dalam waktu dekat. Banyak juga mimpi kehilangan gigi datang pada masa perubahan, seperti ketika meninggalkan rumah untuk pertama kalinya atau ketika hubungan telah berakhir.

    Dibunuh
    Apakah Anda sering mendapat mimpi di mana Anda sedang dibunuh oleh teman, hewan dan bahkan orang tua Anda? Jika mimpi ini berulang bisa jadi ini sebagai simbol bahwa Anda disakiti berulang kali. Pembunuhan dalam mimpi Anda juga simbolis dari pembunuhan jiwa Anda. Jangan berharap dukungan dari orang lain, buat dukungan untuk diri Anda sendiri.

    Ular
    Ular dianggap simbol kesuburan, penyembuhan. Namun, kemudian dikaitkan dengan godaan, kejahatan, kemarahan, dan iri hati. Jika Anda bermimpi menemukan ular melingkar di sekitar kaki atau menjerat Anda, mungkin ada seseorang yang tidak ingin Anda maju. Secara umum makin besar ular, makin besar masalah yang mungkin Anda hadapi.

    Tikus
    Tikus bermata besar di dalam mimpi adalah simbol semacam ketakutan. Ini juga merupakan indikasi bahwa Anda harus menenangkan ketakutan Anda pada waktu yang tepat dan yakin mengatasi situasi. Mata besar menunjukkan kejutan tertentu yang cenderung akan Anda lihat segera. Jadi, itu ide yang baik untuk mempersiapkan diri Anda menjadi kuat.

    Air
    Air terkait dengan aliran emosi. Lumpur menandakan kecemasan dan stres yang terjadi dalam hidup Anda. Air bersih meramalkan kemakmuran di masa depan. Ada juga mungkin kenaikan tingkat spiritualitas Anda.

    Singa
    Singa merupakan simbol kekuatan dan kekuasaan. Salah satu interpretasi mimpi melihat singa adalah bahwa Anda akan memiliki persahabatan yang berharga. Namun, juga bisa diinterpretasikan bahwa Anda harus berhati-hati terhadap kualitas egosentris Anda.

    Singa adalah raja hutan dan lambang royalti. Dalam mimpinya, seorang wanita mungkin merupakan aspek jiwa pasangannya. Sebuah interpretasi Freudian menganggap, singa mewakili kekuatan dan mengagumi aspek ayah. Ini juga melambangkan sifat binatang ‘Anda’ atau agresivitas Anda akan kekuasaan.
    Sumber: Vivanews.com

    Balas
  16. hayyu

    ass..wr.wb

    6a 0f AL-FIRDAUS
    2010/2011

    mohon doa restunya…
    agar angkatan kami bisa menempuh UASBN dngan nilai yg smpurna & lulus smua…aminnnn

    Balas
  17. sur

    Bulletin Edisi 9 Bulan Mei 2012 dlm bahasan Who is your Idol???. Di akhir bahasan supaya kita menjadikan Rasulullah saw sbg suri tauladan. Namun di akhir artikel disertai gambar yg seolah olah menggambarkan Rasulullah saw sedang dikelilingi para Sahabat ra sesuai maksud bahasan.Mohon penjelasan atas artikel tersebut!!!! Sukron.

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s