LAPORAN KEGIATAN

PERKEMAHAN JUMAT SABTU (PERJUSA)

PANGKALAN SEKOLAH DASAR ISLAM AL FIRDAUS

“Bersama Kita Menuju Pribadi yang Berani, Mandiri dan Berbudi”

A. Persiapan

Awal kegiatan sebelum pelaksanaan perjusa terlebih dahulu pemberian pembekalan kepada siswa-siswi. Pembekalan dilakukan dengan pemberian materi untuk kegiatan perjusa, persiapan perlengkapan dan diskusi yang dilakukan anak untuk persiapan masing-masing regu.

 

B. Pelaksanaan

1) Check in dan check out

a) Landasan Pemikiran : pengkondisisn peserta yang lebih dari 200 anak. Hal tersebut dilakukan agar memudahkan panitia dalam mendata peserta, untuk kebutuhan makanan, tempat istirahat dan pertanggungjawaban kepada orang tua bahwa anak datang dan pulang kembali ke rumah sesuai data.

b) Sasaran : siswa dan pembina

c) Tempat : ruang kelas 2A

d) Waktu Pelaksanaan : Jumat 13.30 dan Sabtu 13.00

e) Hasil : terlaksana

f)  Faktor pendukung: peserta datang tepat waktu

g) Faktor penghambat: pembina tidak tepat waktu

 

2) Upacara pelantikan

a) Landasan Pemikiran : pelatihan kedisiplinan dengan serangkaian upacara yang harus peserta ikuti. Upacara pelantikan adalah untuk melantik mereka yang beralih jenjang menjadi siaga, siaga menjadi penggalang.

b) Sasaran : siswa

c) Tempat : lapangan tengah sekolah

d) Waktu Pelaksanaan : Jumat 14.00

e) Hasil : terlaksana

f)  Faktor pendukung: siswa tepat waktu dan petugas upacara yang sudah berpengalaman mempercepat pe;aksanaan

g) Faktor penghambat: siswa kelas 3 yang masih baru dalam pramuka sulit terkondisikan

 

3) Ishoma

a) Landasan Pemikiran : waktu jeda dari satu kegiatan dengan kegiatan lain digunakan untuk beristirahat, bersih diri, makan dan beribadah, dan juga untuk persiapan kegiatan selanjutnya.

b) Sasaran : siswa

c) Tempat : arena sekolah

d) Waktu Pelaksanaan : sesuai jadwal

e) Hasil : terlaksana

f)  Faktor pendukung: anak-anak sabar mengantri

g) Faktor penghambat: kurang fasilitas kamar mandi

 

4) Api Unggun

a) Landasan Pemikiran : unjuk keberanian dengan tampil di depan umum merupakan prosese pembelajaran bagi peserta. Dalam acara api unggun, peserta dituntut untuk mampu menampilkan kreativitas mereka di depan umum yang tidak dibatasi macamnya.

b) Sasaran : siswa

c) Tempat : lapangan belakang sekolah

d) Waktu Pelaksanaan : Jumat, 19.30-21.30

e) Hasil : terlaksana

f)  Faktor pendukung: antusias anak-anak mempercepat dalam mengkondisikan mereka

g) Faktor penghambat: kurang persiapan perlengkapan api unggun

 

5) Renungan malam

a) Landasan Pemikiran : refleksi tentang diri, sebagai wujud koreksi dan mewujudkan rasa ingin menjadi lebih baik.

b) Sasaran : siswa

c) Tempat : lapangan tengah

d) Waktu Pelaksanaan : Jumat, 21.30-22.30

e) Hasil : tidak terlaksana

f)  Faktor pendukung: -

g) Faktor penghambat: kelelahan siswa dan pembina

 

6) Jelajah medan

a) Landasan Pemikiran : melatih bekerja sama, melatih kemampuan bersosilisasi dengan teman yang lain untuk menyelesaikan tugas. Melatih bersaing secara sehat untuk layak menjadi pemenang

b) Sasaran : siswa

c) Tempat : kompleks SD Islam Al Firdaus

d) Waktu Pelaksanaan : Sabtu,  07.00-11.00

e) Hasil : Terlaksana

f)  Faktor pendukung: semangat anak yang antusias menjadi pemenang dalam kegiatan jelajah medan

g) Faktor penghambat: cuaca yang terlalu panas

 

7) Tanam Pohon Adiwiyata

a) Landasan Pemikiran : wujud dukunan kepada sekolah bahwa akan menjadi sekolah adiwiyata. Gudep SD Islam Al Firdaus yang menjadi bagiannya, sedikit berperan dengan mengikutsertakan peserta untuk menanam pohon, sebagai pembelajaran untuk cinta kepada alam.

b) Sasaran : siswa

c) Tempat : lapangan belakang sekolah

d) Waktu Pelaksanaan : Sabtu, 13.00-selesai

e) Hasil : terlaksana

f)  Faktor pendukung: persiapan yang baik mempercepat kegiatan

g) Faktor penghambat: cuaca yang terlalu panas

 

C. Analisis Hasil Pelaksanaan

Pelaksanaan kegiatan  PERJUSA di SD Islam Al Firdaus berlangsung dua hari satu malam. Hampir semua rencana kegiatan yang telah direncanakan dapat berjalan dengan lancar, tetapi ada juga program yang tidak dapat dilaksanakan. Kelancaran dan keberhasilan setiap program sangat dipengaruhi oleh kedisiplinan dan pemanfaatan potensi individu masing-masing dalam melaksanakan program kerja. Selain itu semangat serta dukungan dari berbagai pihak sangat berpengaruh terhadap terselesaikannya kegiatan PERJUSA yang telah direncanakan.

Dari ketepatan mengatasi situasi dan kondisi sekolah dan kejelasan tujuan, program yang telah dilaksanakan dapat mencapai sasaran dengan tepat. Program-program tersebut memiliki aspek kebermanfaatan yang berkelanjutan. Seperti misalnya memiliki kepribadian yang lebih kuat dan menjadi insan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang selanjutnya dapat memanfaatkan ilmu bagi kepentingan agama, keluarga bangsa dan Negara. Dalam pelaksanaan program juga mengalami beberapa hambatan diantaranya adalah  masalah belum terbiasa dari anak-anak kelas 3 sehingga kurang bisa cepat mengikuti seperti kakak-kakak kelas mereka. Hambatan yang lain yaitu  waktu pelaksanaan kegiatan sedikit mengalami perubahan dari apa yang telah direncanakan. Hal ini disebabkan dalam pelaksanaan program harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi saat itu. Hal ini menyebabkan salah satu kegiatan renungan malam gagal dilaksanakan, karena faktor kelelahan..

 

BAB III

PENUTUP

A. KESIMPULAN

Dari serangkaian pelaksanaan kegiatan PERJUSA di SD Islam Al Firdaus pada hari jumat-sabtu tanggal 19-20  bulan Oktober dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:

  1. PERJUSA merupakan wahana yang tepat untuk peserta bermain sekaligus belajar. Tidak hanya belajar ilmu secara teori tetapi juga praktik lapangan yang menuntut mereka bekerja sama dengan orang lain.
  2.  Kegiatan PERJUSA dapat digunakan sebagai sarana untuk memperoleh pengalaman yang faktual sebagai bekal untuk peserta dalam mengikuti kegiatan dalam bermasyarakat.
  3.  PERJUSA merupakan pengembangan untuk pribadi peserta, tidak hanya sebagai pribadi yang mandiri, tetapi juga mampu bekerjasama dalam bersosialisasi, tanggap akan situasi dan tetap memenuhi kebutuhan rohani.
  4.  PERJUSA merupakan pengalaman menambah bekal di luar pelajaran formal di sekolah

 

B. SARAN

Berdasarkan pelaksanaan PERJUSA selama dua hari satu malam ada beberapa saran yang praktikan sampaikan yang mungkin dapat digunakan sebagai masukan, antara lain:

  1. Untuk Peserta:
  • Lebih berani dan mandiri dalam berkegiatan, tidak usah takut kotor apalagi bermanja-manjaan kepada orang tua
  • Tangkas dalam bergerak, sehingga tekesan lincah dan selalu gembira
  • Kompak dengan regu, sebagai wujud kejasama dengan teman satu kelompok

2. Untuk Pembina

  • Lebih tanggap dengan situasi dan kondisi, tidak melulu harus terpancang dengan jadwal yang sudah dibuat. Lebih cekatan dalam berkoordinasi ketika suatu kegiatan tidak bisa terlaksana sehingga harus diganti dengan kegiatan lain.
  • Mempersiapkan peralatan harus jauh hari sebelumnya dengan juknis yang jelas dengan penanggungjawabnya sehingga tidak ada yang merasa bekerja terlalu berat atau bahkan terlalu santai.

 

Demikian laporan kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu (PERJUSA) SD Islam Al-Firdaus kami laporkan, susunan panitia, jadwal, daftar hadir, lembar penilaian dan foto-foto kegiatan telah terlampir. Selanjutnya kami selaku Pembina mengharap bantuan, dukungan dan kerjasama dari semua pihak terkait agar kegiatan berikutnya dapat terlaksana dengan lebih  baik dan lancar.

About these ads